Ujang Sumarwan (Editor). 2015. Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan. IPB Press

cover_pemasaran strategik perspektif-page-001

 

Silahkan download e-book

2015 01 BUKU Pemasaran Strategik Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan

 

Buku ini membahas berbagai teori dan konsep pemasaran: strategi bersaing, segmentasi, targeting, diferensiasi, positioning, strategi produk, strategi harga, strategi distribusi dan strategi promosi.  Buku ini juga dilengkapi dengan 10 studi kasus berdasarkan riset perilaku konsumen dan implikasinya terhadap strategi pemasaran. Dengan memahami perilaku konsumen, para pembaca dapat merumuskan strategi pemasaran  untuk meningkatkan kinerja bisnisnya. Bagian akhir buku ini membahas panduan bagaimana menyusun rencana pemasaran sehingga para pembaca diharapkan mampu menyusun rencana pemasaran dengan baik setelah membaca buku ini. Agar pembaca dapat memahami bagaimana menyusun rencana pemasaran dengan baik, maka buku ini dilengkapi dengan empat kasus rencana pemasaran yang ditulis dengan lengkap yaitu Rencana Pemasaran untuk Produk Minuman Herbal, Rencana Pemasasaran untuk Produk Biskuit, Rencana Pemasaran untuk Produk Permen, dan Rencana Pemasaran untuk Produk Ekowisata.

Buku ini dapat digunakan sebagai salah satu buku teks utama mata kuliah Manajemen Pemasaran atau Strategi Pemasaran di Program Studi Manajemen atau Program Studi Administrasi Bisnis baik jenjang sarjana maupun master.  Buku ini dapat digunakan untuk memberikan wawasan teoritis dan praktis bagi para praktisi pemasaran yang bekerja di perusahaan besar, menengah atau kecil. Buku ini juga sangat bermanfaat bagi para pengusaha untuk menyusun rencana pemasarannya.  Buku ini juga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pelatihan pemasaran untuk pelatihan singkat selama 4 jam, 8 jam, atau selama 5 hari kerja.  Bagian kedua berisi kasus-kasus berdasarkan riset perilaku konsumen, sehingga buku ini sangat bermanfaat bagi para peneliti perilaku konsumen dan pemasaran untuk mendapatkan wawasan bagaimana konsep-konsep perilaku konsumen diukur dan diteliti serta dianalisis. Para praktisi pemasaran juga mendapatkan gambaran bagaimana perilaku konsumen sangat penting dipahami melalui riset dan para praktisi pemasaran dapat menyusun strategi pemasaran berdasarkan hasil-hasil penelitian. Konsumen adalah pengambil keputusan, sebaik apapun sebuah produk yang dipasarkan oleh para pemasar, jika produk tersebut tidak dibutuhkan dan disukai konsumen, maka konsumen tidak akan memberli produk tersebut. Oleh karena itu menjadi keharusan bagi para praktisi pemasaran untuk memahami perilaku konsumen. Salah satu cara memahami konsumen adalah dengan membaca hasil studi perilaku konsumen yang dituangkan dalam bagian tiga dari buku ini.

No Comments

Leave a Reply